Pak Ganjar Pranowo dan Churrasco di Suriname

Pada akhir september tahun 2015 yang lalu, agenda kegiatan masyarakat jawa sungguhlah padat. Ada beberapa acara besar yang sedang berlangsung pada saat itu. Yang pertama adalaha acara INDOFAIR 2015, Kunjungan Ketua MPR Indonesia beserta rombongan dan Kunjungan delegasi Provinsi Jawa Tengah, Indonesia yang dikomandani oleh Bapak Ganjar Pranowo. Agenda kunjungan yang utama jelas meningkatkan kerjasama diantara Indonesia dan Suriname baik di bidang ekonomi dan pelayanan medis, dan melihat situasi dan kondisi kehidupan masyarakat jawa yang ada di Suriname. Karena harus diakui bahwa nenek moyang masyarakat jawa di Suriname berasal dari Pulau Jawa.

Selama di Suriname ini, Pak Ganjar bersama rombongan menginap di hotel Torarica. Hotel Torarica terletak di pinggir sungai Suriname dan termasuk salah satu hotel tertua disini. Namun karena padatnya acara yang harus dilakukan di Suriname kenyamanan hotel Torarica hanya sekedar untuk beristirahat belaka. Dari mulai mendarat di Bandara International Zanderij, beliau sudah langsung diajak oleh panitia penjemputan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia ke hotel sebentar dilanjutkan untuk bertemu langsung dengan para pejabat pemerintahan Suriname. Demikian hari-hari selanjutnya pun, beliau diberi kesempatan seluas-luasnya untuk bertatap muka dan berbincang-bincang dengan siapa saja entah dari kalangan pejabat hingga ke masyarakat jawa suriname pada umumnya. Berhubung aku bukan termasuk dalam kepanitian tim penjemputan beliau dan hanya sebagai supporting, pada malam hari aku sempat menyampaikan keinginanku kepada bapak Dubes. “Diijinkan ndak ya pak, kalo saya bisa poto berdua dengan pak Ganjar?saya fans beratnya soalnya…ngehehehehehe”. Pada saat itu aku hanya melontarkan keinginanku saja tanpa terbersitpun hal itu akan terwujud. Sungguh tidak dinyana, saat selesai acara pertemuan dengan bapak Dubes di Kedutaan pada pagi harinya dan beliau berdua mau melanjutkan ke acara berikutnya, saya dipanggil oleh pak Dubes dan dimintakan ijin ke pak Ganjar untuk supaya aku bisa poto berdua dengan pak Ganjar. Sungguh “mak nyes” hatiku, dengan tertawanya yang khas dan menggelegar beliau mengijinkanku dan yang sangat spesial juru potonya Bapak Dubesku sendiri…oohhhh terimakasih banyak buat beliau berdua.

Dari sekian banyak kegiatan yang dilakukan pak Ganjar di Suriname. Ada yang sangat menarik perhatian dari sosok pak Ganjar ini. Rupanya beliau sangat suka akan daging “Churrasco”. Aku tahu itu saat ada acara jamuan makan malam di Wisma Duta Besar, dan aku kebagian tugas untuk meng-gril daging Churrasco. Churrasco itu adalah masakan grill khas Brasil, bahan dari daging sapi mentah yang bernama “picanha”. Cara mengolahnya pun sangat sederhana karena tidak membutuhkan tetek bengek bumbu yang ribet, hanya membutuhkan garam special saja. Aku tidak tahu daging sapi mentah “picanha” ini ada atau tidak di Indonesia yang jelas aku belum menemukan resto atau rumah makan di Indonesia yang menyajikan Churrasco. Pada saat jamuan makam malam itu, menu utama yang ingin dihidangkan oleh Bapak Dubes adalah Churrasco. Bapak Dubes ingin memberikan sesuatu yang jarang di dapat di Indonesia sehingga memberikan kesan yang “berbeda” bagi tamu-tamu Indonesia yang berkunjung ke Suriname. Dan rupanya, Churrasco ini membikin pak Ganjar ketagihan.

 

Hampir setiap makan malam di Suriname beliau ingin sekali merasakan masakan daging Churrasco lagi, bahkan sampai persiapan kepulangannya pun beliau masih berkeinginan untuk mencicipi daging Churrasco. Dan tentu saja, aku yang menjadi petugas meng-grill-kan daging Churrasco dengan senang hati selalu memasakkannya untuk beliau.

Sungguh bagiku ini sebuah pengalaman yang tak akan pernah dapat kulupakan. Mulai hanya dari poto berdua hingga meng-grill-kan daging Churrasco untuk makan malam beliau yang nota bene adalah Gubernur Jawa Tengah yang aku kagumi sungguh sesuatu yang sangat special. Dan saat ini Semarang yang menjadi tempat berkarya beliau sedang merayakan Hari Ulang Tahunnya. Aku sebagai rakyat biasa hanya mampu menuliskan ini sebagai kado buat Semarang…Dirgahayu Semarang, semoga menjadi kota yang maju untuk masyarakatmu. MERDEKA!!!!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *